Blog

Cara Merawat Tas Berbahan Kanvas

August 3, 2020

Tak hanya material kulit atau suede saja, banyak orang yang sudah mulai menggunakan tas yang berbahan kanvas. Penggunaan tas kanvas sering kita jumpai pada tas tote bag, ransel, maupun pouch yang tak hanya stylish, tapi mudah dibawa kemana saja. Namun, cara merawat tas kanvas ini tergolong tricky, terkena debu atau kotoran pada bahan kanvas akan membuatnya lebih cepat kusam dan cenderung sulit dibersihkan. Karena itu, tas berbahan kanvas jika tidak dirawat dengan baik akan mempercepat akhir dari umur tas kesayanganmu. Lantas bagaimana caranya membersihkan dan merawat tas kanvas agar tetap awet? Simak baik-baik ya

  • Gunakan tangan, bukan mesin

Kebanyakan orang menganggap tas berbahan kanvas dapat diperlakukan seperti kebanyakan baju yang bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Kenyataannya mencuci tas dengan mesin cuci akan merusak bentuk dan konstruksi tas tersebut. Jadi, cara merawat tas berbahan kanvas yang paling benar yaitu dengan menggunakan tangan untuk mencuci tas yang kotor, jangan pula mengeringkannya dengan mesin.

  • Bersihkan noda ringan menggunakan lap basah

Jangan terburu-buru membersihkan permukaan tas kanvas yang terkena noda dengan menggunakan air mengalir. Alih-alih bersih, tasmu malah bertambah rusak. Untuk membersihkan tas kanvas yang terkena noda makanan atau debu, cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan kain lap basah. Perhatikan juga jenis kain yang dipakai, pastikan kain tersebut memiliki tekstur yang halus agar tidak merusak bahan kanvas. Caranya basahkan kain dengan air, lalu peras dan bersihkan perlahan bagian tas kanvas yang kotor hingga noda hilang. Jangan biarkan debu atau kotoran menempel terlalu lama pada permukaan tas. Semakin lama kotoran menempel, semakin sulit dibersihkan pula.

  • Gunakan sabun bayi untuk menghilangkan noda membandel

Jika tas kanvasmu ingin terlihat lebih bersih atau terkena noda yang membandel, kamu juga tetap bisa mencucinya menggunakan sabun. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun bayi. Caranya yaitu teteskan sabun bayi secukupnya pada semangkuk air, aduk sebentar hingga sedikit berbusa. Kemudian, gunakan ujung kain untuk membersihkan bagian tas yang bernoda. Jangan menggunakan detergen atau sabun cuci lainnya yang terlalu keras. Jangan juga menggosoknya terlalu keras dan merendam tas kanvas, karena akan mengakibatkan gambar atau motif pada tas terkelupas

  • Hindari menjemur tas di bawah sinar matahari langsung

Menjemur langsung tas kamu di bawah sinar matahari bukanlah cara merawat tas kanvas yang tepat, karena warna dari tersebut bisa menjadi kusam. Dikeringkan menggunakan mesin pengering pun akan merusak tesktur dari bahan kanvas. Karena itu setelah tas dibersihkan, cukup kamu angin-anginkan di tempat terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 6 jam atau semalaman hingga benar – benar kering secara alami. Jangan menggantungnya di dalam ruangan saat basah, karena akn membuat proses pengeringan menjadi lama dan tas menjadi lembap serta bau. Kalau kamu menjemurnya dibawah sinar matahari langsung, tekstur dari kanvas akan berubah menjadi kaku, keras dan mudah robek.

  • Simpan tas kanvas di dalam lemari dengan rapih

Cara terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menjaga tas kanvas agar tetap awet yaitu, menyimpannya dengan cara yang tepat. Simpan tas kanvas di dalam kain khusus atau sarung bantal yang sudah diberi silica gel, kemudian simpan di dalam lemari jika tidak ingin dipakai dalam waktu lama. Atau kamu juga bisa menggunakan kamper di dalam kotak penyimpanan tas khusus agar tidak lembap dan mudah berjamur. Tak hanya itu, cobalah menyimpan tas kanvas dengan mengisinya menggunakan kain-kain lembut sebelum memasukannya ke dalam lemari untuk mempertahankan kualitas kain dan menjaga bentuk tas kanvas tetap awet.

 

Nah itu tadi adalah cara merawat tas kanvasmu agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Sayangkan kalau kalian baru beli tas tetapi baru dipakai beberapa kali sudah rusak? Untuk kamu yang sedang mencari tas berbahan kanvas, Bukuku Indonesia punya tas dan kanvas berbahan kanvas yang dikombinasikan dengan kain batik. Menarik bukan? Klik disini untuk lihat detai produknya! Happy shopping!

from has purchased
about ago