Blog

Tips Memilih Oleh-Oleh

July 30, 2020
/
General

Di Indonesia sendiri membeli oleh-oleh menjadi kewajiban tersendiri saat seseorang berlibur atau berpergian ke suatu tempat. Entah darimana asal usul budaya untuk membawa oleh – oleh ini, yang pasti hampir semua orang Indonesia wajib membawa oleh – oleh jika pulang berlibur, betul bukan?

Apakah oleh – oleh sama dengan souvenir? Menurut Wikipedia, souvenir berasal dari bahasa Perancis yang berarti “for remembrance or memory.” Souvenir didefinisikan dengan suatu barang yang didapatkan (atau kebanyakan dibeli) oleh seseorang karena unsur kenangan yang terkandung di dalamnya, barang ini biasa juga di pakai sebagai pengingat akan suatu acara atau pengalaman. Sedangkan oleh – oleh sendiri bukan hanya barang yang dibeli sebagai bentuk kenang – kenangan untuk diri sendiri, tapi untuk keluarga, kerabat, teman kerja, maupun orang – orang yang tahu jika kita bepergian ke suatu tempat. Biasanya oleh – oleh pun tidak cukup 1 sampai 2, pasti bisa lebih.

Oleh – oleh yang dibeli pastilah barang yang unik dank has, serta harus menggambarkan hal yang hanya ada di tempat tersebut. Seringkali kita bingung untuk memilih oleh – oleh apa yang tepat untuk diberikan. Apakah berbentuk benda, makanan, dekorasi, ataupun perhiasan. Membeli oleh – oleh juga tidak bisa sembarangan, boleh murah tetapi tidak murahan. Jadi, bagaimana sih caranya memilih oleh – oleh yang tepat?

  • Budget

Pertimbangkan budget yang Anda miliki karena hal ini sangat penting. Jangan memaksakan membeli oleh – oleh yang mahal kalau kondisi budget Anda tidak mencukup atau pas – pasan. Setelah itu, jangan lupa hitung berapa orang yang akan diberikan oleh – oleh. Pilihlah oleh – oleh yang bisa diterima oleh semua orang dan pastinya tetap terdapat ciri khas dari wilayah atau negara yang Anda datangi.

  • Ukuran dan Berat

Ingatlah, jika Anda melakukan perjalanan melalui transportasi umum seperti bus, kereta, maupun pesawat tentunya ada berat maksimal untuk bagasi pesawat. Hindari membeli oleh – oleh yang terlalu berat jika Anda tidak ingin dikenakan biaya tambahan. Kalau sudah terlanjur bagaimana? Kirim saja melalu pos atau paket ke alamat rumah yang dituju sehingga tidak menguras banyak pengeluaran.

  • Pengemasan

Setelah membeli oleh – oleh pastinya akan Anda bungkus bukan? Di beberapa toko terdapat box atau kardus untuk membugkus oleh – oleh agar tidak berserakan. Anda tiak mau oleh – oleh tersebut hancur sebelum sampai ke tempatnya bukan? Baik itu benda, makanan, dan oleh – oleh lain sebaiknya dibungkus dengan baik agar tidak rusak.

  • Kadaluarsa

Hal ini adalah hal yang sangat penting saat membeli oleh – oleh, apalagi oleh – oleh yang Anda beli adalah makanan. Sebisa mungkin jangan memilih makanan yang telah lama diproduksi, apalagi jika tanggal kadaluarsanya sebentar lagi. Sesuaikan juga tanggal kadaluarsa dengan lamanya berpergian. Jangan sampai makanannya sudah kadaluarsa sebelum tiba di rumah. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya Anda membeli oleh – oleh berupa benda atau barang yang bertahan lama agar terhindar hal seperti ini.

Beberapa poin diatas adalah cara memilih oleh – oleh yang bisa kalian ikuti. Sebaiknya Anda juga harus cerdik dalam memilih barang yang akan dijadikan oleh – oleh agar terpakai dan digunakan oleh mereka. Tidak maukan oleh – oleh yang dibeli oleh Anda ujung – ujungnya hanya menjadi pajangan dan berdebu?

Jika Anda sedang mencari oleh – oleh khas Indonesia, hal pertama yang terpikirkan oleh kalian pastinya kain Batik. Bukuku Indonesia tempat yang tepat untuk Anda. Terdapat banyak motif kain batik yang dapat digunakan sebagai pelengkap penampilan Anda seperti pouch, card holder, nametag, agenda, dan masih banyak lagi. Kualitasnya? Jangan diragukan! Karena memakai kulit sintetis premium yang kualitasnya sangat baik. Langsung saja klik disini untuk melihat produknya – produknya! Happy shopping!

from has purchased
about ago